Popular Posts

Instagram

Blog Top Sites

website focuz photo studio

multiply

follow tweet kita juga ya

follow

Statistik

Search

Alexa Rank

Photography

Follow us

visitor

free counters

google translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

page rank

tukeran banner

Photobucket

videography

wedding & pre wedding

Poll

banner teman

Google+ Followers

Powered by Blogger.

Search This Blog

SMS GRATIS

Featured

virtapay

Popular Posts

SUBSCRIBE

About me

Contact Us

Name

Email *

Message *

Subscribe

Pages

TIPS FOTOGRAFI CANDID

focuz photography
APA ITU CANDID???? banyak sobat bertanya tanya fotografi candid itu apa... nah disini focuz photography akan menjelaskan sedikit tips fotografi candid.. :)

fotografi candid adalah : memotret orang dimana dia tidak sadar sedang di potret nah itulah yang dinamakan candid...

Salah satu keindahan dari fotografi ini adalah Sobat dapat memotret seseorang ketika mereka sedang bertindak atau melakukan aktifitas dan ini akan menambah Foto Sobat terlihat lebih hidup, fotografi candid juga dapat diaplikasikan di wedding photography untuk menambah kesan natural dan unik yang dihasilkan

meskipun fotografi candid terlihat mudah dan simpel namun sobat harus mempunyai kejelian dan insting untuk mendapatkan moment langka yang akan sobat abadikan dalam sebuah objek foto ,
nah disini focuz photography akan memberikan tips persiapan untuk fotografi candid.. semoga bisa bermanfaat :D



focuz photography




1. Hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah memastikan bahwa Sobat memiliki subjek dalam jangkauan pandang Sobat saat mereka tidak sadar sedang diperhatikan.

2. Latih mata Sobat untuk menangkap momen. Sobat harus mengetahui situasi secera cepat. Persiapan untuk fotografi candid sangat penting. Sobat harus memastikan kamera Sobat dalam keadaan ‘on’ bahkan sebelum Sobat menemukan topik untuk dipotret.

3. gunakan ZOOM : Semakin Sobat berada jauh dari subyek, maka kemungkinan mereka menyadari sedang dipotret semakin kecil, dan mereka akan tetap santai dan lebih natural. Menggunakan Zoom panjang memungkinkan kalian untuk memotret diluar ruang personal mereka tetapi Sobat tetap bisa merekam kedekatan mereka berinteraksi satu sama lain.

4. Pencahayaan yang baik, memotret di tempat bukan berarti Sobat tidak harus memperhatikan sudut pencahayaan, disini Sobat harus banyak melakukan pengamatan.

5. matikan FLASH: Flash bisa menjadi sebuah sinyal atau tanda bahwa mereka sedang dipotret. Cahaya flash yang langsung ke arah mereka bisa "membunuh" moment yang ada pada saat itu, jadi sebisa mungkin jangan menggunakan flash pada saat melakukan fotografi Candid. Naikkan pengaturan ISO jika Sobat berada pada kondisi rendah cahaya atau low-light, gunakan lensa "cepat", buka aperture selebar mungkin.
6. Perbanyaklah foto: kami sepertinya sudah pernah membahas tentang continuous shot bukan? Sobat terkadang akan menemukan foto yang mengejutkan diantara serial foto tersebut. Foto itu akan kental dengan suasana spontan dan kalian tidak akan mendapatkannya jika hanya memotret satu foto. Atur kamera kalian ke mode Continuous Shot sehingga kalian bisa memperbesar kesempatan mendapatkan foto candid yang sempurna. 
7. Posisi strategis: fotografi candid adalah tentang bagaimana merekam momen secara spontan, dan mendapatkan foto sempurna diwaktu yang tepat. Cobalah untuk berpikir selangkah kedepan dan selalu menerka apa yang selanjutnya terjadi bisa membantu menambah peluang untuk mendapatkan foto candid yang sempurna. Sebagai contoh ketika memotret di acara pernikahan, berpikirlah apa yang akan terjadi pada saat upacara pernikahan dan dimana tempat terbaik untuk menangkap momen-momen tersebut. Apa yang akan dihadapi oleh seseorang? Apa yang akan mereka lakukan? Seperti apa cahaya yang ada? Mempertimbangkan pertanyaan tersebut akan membuat kalian menjelajah ruangan secara efektif.
8. Potretlah orang yang sedang beraktifitas: foto orang yang beraktifitas cenderung lebih menarik dibandingkan mereka hanya duduk manis. Subyek akan terfokus pada sebuah aktifitas yang bisa menambah energi pada sebuah foto, dan tentunya foto tersebut akan lebih memiliki cerita. Timing adalah segalanya dalam foto candid, jadi tunggu perhatian mereka teralihkan dari kalian dan fokus terhadap apa yang mereka lakukan.
9. Potretlah orang yang sedang berinteraksi: foto terkadang bisa terlihat sangat menarik jika ada lebih dari satu orang di dalamnya. Foto seperti ini akan menyampaikan relasi atau hubungan di dalam sebuah foto. Bahkan meskipun didalam foto ada dua orang atau lebih yang tidak sedang berinteraksi, masih saja bisa menambah kedalaman serta nuansa cerita. Candid idealnya memang diantara orang-orang tersebut berinteraksi antar subyek sehingga bisa menambah emosi dalam foto tersebut. 
10. Framing: sebuah trik yang cukup berhasil pada foto candid adalah framing dengan menggunakan elemen yang ada pada foreground sehingga terlihat kalian bersembunyi dibelakangnya. Sobat bisa memotret dari belakang pundak seseorang, menyertakan cabang pohon atau bahkan bingkai jendela atau pintu. 
selamat mencoba :)
best reggards
 


< >